-->

Seputar parabola, Tv prabayar, Tutorial parabola, Frekuensi Tv, Perangkat parabola dan Biss key

Terungkap Penyebab Satelit Telkom 1 Tidak Ada Sinyal

Sponsor Resmi Kami
.
.
Sebelum kita bahas kenapa satelit telkom 1 tidak ada sinyal / hilang, mari kita uraikan dulu secara mendalam. Satelit telkom 1 di rancang dan di produksi oleh Lockheed Martin Commercial Space Systems perusahaan persatelitan asal amerika yang di buat untuk Telkom Indonesia guna mengganti satelit Palapa B2R.


Satelit Telkom 1 ini di luncurkan pada 4 agustus 1999 guna menggatikan satelit Palapa B2r yang masa kerjanya akan berakhir pada tahun 2001. Satelit Telkom 1 sendiri di luncurkan oleh Arienespace (perusahaan peluncur satelit asal eropa). Pada mulanya satelit telkom 1 rencananya di luncurkan bersamaan dengan satelit Asiastar (milik amerika). Tapi karena satelit asiastar masih ada kendala teknis, mengakibatkan peluncuran satelit telkom 1 tertunda. Dan akhirnya satelit telkom 1 di luncurkan terpisah dengan satelit Asiastar.

Menurut perhitungan, pada umumnya satelit memiliki masa kerja 15 tahun, namun adanya perjanjian dengan Lockheed Martin dengan Telkom, masa kerja satelit Telkom 1 bertambah masa kerjanya hingga tahun 2018, operasinya bertambah dari masa operasi pada umumnya.

Akan tetapi pada kenyataanya 25 agustus 2017 satelit Telkom 1 tiba tiba tidak ada sinyal. Hal ini meleset dari perkiraan semula yang dimana masa kerja satelit Telkom 1 yang di perkirakan akan berakhir pada tahun 2019.

Dengan tidak beroperasinya satelit Telkom 1 mengakibatkan banyak gangguan yang terjadi, semua chanel parabola di satelit telkom 1 tidak ada sinyal, seperti trans tv, trans 7, antv, net tv dll. Tidak hanya itu, dampak dari tidak berfungsinya satelit telkom 1 membuat banyak sekali mesin ATM yang juga ikut terkena dampak.

Hingga saat ini Telkom dan juga Lockheed Martin masih menyelidiki penyebab pasti atas terjadinya gangguan pada satelit telkom 1. Tapi MENKOMINFO mengatakan, ganggun yang terjadi pada satelit telkom 1 di karenakan adanya glitch, karena baterainya tidak berfungsi lagi membuat bahan bakarnya habis, kemudian satelit Telkom 1 keluar dari jalur (orbit) semestinya.

Untuk menangani kejadian tersebut, sekarang ini Telkom telah melakukan migrasi dari transponder yang ada di satelit Telkom 1 ke satelit Telkom 3S dan ke satelit satelit pengganti yang lain. Migrasi ini di perkirakan akan selesai pada tanggal 30 agustus 2017.

Karena adanya kekosongan orbit yang di tempati satelit Telkom 1, Kominfo akan memberikan bantunan untuk melakukan pemblokiran (suspend) terhadap slot yang di tempati satelit telkom 1 sebelumnya, rencanya satelit penggantinya baru akan di luncurkan saat pertengahan tahun 2018. Sebagai pengganti satelit Telkom 1 di pertengahan tahun 2018 akan di luncurkan satelit Telkom 4.
Promo Terbaru Kami
.
.
Labels: Tutorial

Thanks for reading Terungkap Penyebab Satelit Telkom 1 Tidak Ada Sinyal. Please share...!

Back To Top