-->

Seputar parabola, Tv prabayar, Tutorial parabola, Frekuensi Tv, Perangkat parabola dan Biss key

Apa sih LNB itu, dan Ada Berapa Macam ?

Sponsor Resmi Kami
.
.

Sesuai dengan judul diatas "Apa sih LNB itu, dan ada berapa macam ?, ya lnb ialah suatu alat yang berfungsi untuk menerima sinyal satelit dan menurunkan lebar frekuensi agar bisa dilewatkan melalui kabel coaxial dan diolah oleh receiver untuk menjadi gambar, sinyal satelit itu didapat dari pantulan piringan yang berbentuk parabola. LNB atau Low Noise Block Converter ini ada beberapa jenis yaitu LNB C band, LNB Ku band, dan LNB S band. Setiap jenis LNB bekerja pada frekuensi yang berbeda-beda.

Pada sebuah lnb terdapat apa yang dinamakan polaritas, ada polaritas horizontal dan polaritas vertikal. Polaritas horizontal membutuhkan daya dari receiver dengan besaran 18 volt dc, dan polaritas vertikal membutuhkan catu daya 13 volt dc. Jika ada salah satu polaritas yang mati, misalnya lnb tersebut buat mengambil sinyal satelit palapa akan tetapi polaritas yang vertikal mati, maka kita tidak bisa menangkap siaran seperti Mnc, Matrix tv, Jtv dan chanel lainya yang berada pada satu polaritas dengan vertikal.

Pada sebuah parabola fungsi lnb sangatlah penting, jika lnb kita rusak kita tidak akan bisa mendapat sinyal dari satelit, yang akan diterjemahkan oleh receiver dan akhirnya kita tidak dapat menonton tayangan televisi diparabola tersebut. Mengenai jenis lnb bisa anda simak berikut ini

Lnb C band

Lnb jenis ini di Indonesia biasanya digunakan untuk mengambil sinyal satelit pada parabola yang fta "gratis", karena kebanyakan chanel fta menggunakan jenis lnb C band. Lnb cband bekerja pada frekuensi 3,4 Ghz-4,2 Ghz. Mengenai bentuknya lnb jenis ini berbentuk seperti gelas. Adapun keunggulan lnb jenis ini ialah lebih tahan terhadap gangguan cuaca seperti pada waktu hujan, dan cuaca mendung.

Lnb Ku band

Untuk lnb Ku band modelnya lebih kecil ketimbang lnb C band, lnb jenis ini biasanya digunakan oleh tv prabayar seperti, astro, orange tv Ku band, K vision Ku band, dan masih banyak tv prabayar lainya yang menggunakan frekuensi jenis ini. Lnb Ku band bekerja pada kisaran frekuensi 10 Ghz-13 Ghz lebih tinggi daripada frekuensi C band. Karena lnb ini bekerja pada frekuensi tinggi, akan lebih baik jika kita menggunakan jenis dish yang solid, sebab dish solid dengan bidang pantul yang rapat akan memantulkan sinyal frekuensi tinggi lebih baik daripada dish mesh.

Lnb S band

Lnb S band bekerja pada  frekuensi rendah yaitu pada kisaran frekuensi 2,52 Ghz-2,67 Ghz, untuk modelnya sendiri lebih besar dari lnb C band dan berbentuk bulat. Di Indonesia lnb S band hanya digunakan oleh tv prabayar indovision. Lnb jenis ini tidak tahan dengan cuaca buruk, artinya jika dalam kondisi hujan atau mendung sinyalnya akan menurun.

Demikian info mengenai jenis-jenis Lnb
Semoga postingan ini bermanfaat
Promo Terbaru Kami
.
.
Labels: Perangkat Parabola

Thanks for reading Apa sih LNB itu, dan Ada Berapa Macam ?. Please share...!

Back To Top